Tebus Ijazah

KONSEP PROGRAM TEBUS IJAZAH
LPM DOMPET DHUAFA

I. Latar Belakang
Siswa dari keluarga miskin banyak yang tidakmendapatkan ijazah setelah mereka lulus dari sekolahnya, karena ia memiliki tunggakan ke sekolah. Hal ini menyebakan mereka tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau juga tidak bisa mencari pekerjaan karena ijazah menjadi syarat multak untuk melamar pekerjaan, maka program ini dilaksanakan agar siswa miskin dapat memperoleh ijazahnya untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

II. Deskripsi Program
Memberikan bantuan dalam penebusan ijazah bagi siswa kelas tiga SMK/SMA/MA atau SMP/MTs. Sehingga dengan bermodalkan ijazah tersebut siswa dapat melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi atau menjadi modal mencari pekerjaan sesuai dengan level ijazahnya, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat dirinya dan keluarganya.

III. Tujuan Program

  1. Agar siswa/I dhuafa dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat menambah kualistas hidupnya.
  2. Agar penerima manfaat dapat melamar pekerjaan, sehingga dapat menambah kualistas hidupnya.
  3. Agar perekonomian keluarga dhuafa dapat berubah yang lebih baik dan sebagai salah satu ornamen dalam mengentaskan pengangguran

IV. Kriteria Penerima Manfaat

  1. Siswa/I yang sudah dinyatakan lulus min. 2 tahun lalu oleh pihak sekolah namun ijazah masih tertahan disekolah karena masih ada tunggakan administrasi yang harus dilunasi.
  2. Siswa/I yang hidup ditengah keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  3. Siswa/I yang tidak bisa melanjutkankan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena ijazah di tahan oleh pihak sekolah.
  4. Siswa/I yang tidak bisa bekerja untuk membantu perekonomian keluarga karena ijazah masih di tahan pihak sekolah.
  5. Memiliki semangat hidup yang tinggi serta berakhlak baik