Pondok Singgah

KONSEP PROGRAM PONDOK SINGGAH DHUAFA
LPM DOMPET DHUAFA

I. Latar Belakang

Rumah Singgah Pasien

RSCM menjadi rujukan nasional bagi pengobatan dengan skala penyakit yang akut, sehingga seluruh pasien dari wilayah di RI datang ke RSCM untuk berobat, karena pasien dan keluarganya datang dari pelosok negri. Kisah Perjuangan diujung puncak derita dan tak berdaya menjadi denyut kehidupan bagi para pejuang yang sekarat melawan penyakit di selasaran-selasaran Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Jakarta, nalar kemanusiaan seolah kabur diterpa hiruk pikuk keluarga pasien mengurus sanak keluarga yang tergeletak.Disisi lain mereka pun kesulitan untuk mendapatkan kontrakan, karena terbatasnya shelter dan kontrakan disekitar RSCM, selian itu juga karena dana mereka pun sudah terkuras untuk biaya pengobatan, maka untuk meringankan beban pasien dan keluarganya di RSCM dibentuk.

II. Deskripsi Program
Menyediakan Rumah yang dijadikan sebagai hunian sementara bagi pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat di RSCM, sehingga pasien dan keluarganya mendapat hunian yang layak. Selama pasien di Shelter mendapatkan bimbingan agama dan hidup sehat serta mendapatkan kebutuhan pokok untuk menunjang kehidupan selama di RSCM

III. Tujuan Program

  1. Menyediakan Rumah yang dijadikan sebagai hunian sementara bagi pasien dan keluarga pasien yang sedang berobat di RSCM, sehingga pasien dan keluarganya mendapat hunian yang layak.
  2. Mengajarkan nilai-nilai Islam agar lebih sabar dan ikhlas dalam menerima ujian dari Allah, sehingga diharapkan pasien akan lebih cepat dalam proses pemulihannya.
  3. Menumbuh kembangkan rasa kepedulian sosial kepada sesama.

IV. Kriteria Penerima Manfaat

  1. 1. Pasien yang bukan penderita katagori penyakit menular dan membahayakan seperti HIV dll.
  2. Pasien yang memiliki riwayat sakit berat.
  3. Pasien katagori tidak mampu (dhuafa) yang sedang menjalani pengobatan atau operasi di RSCM Jakarta Pusat.
  4. Pasien yang tidak memiliki tempat singgah, tidak mampu untuk menyewa tempat atau pasein yang terlantar di lingkungan RSCM.
  5. Pasien pemilik member Jaskesda dan Jamkesmas.
  6. Pasien rekomendasi dari jejaring atau mitra LPM Dompet Dhuafa