Keluarga Tangguh

KONSEP PROGRAM KELUARGA TANGGUH
LPM DOMPET DHUAFA

I. Latar Belakang
Pada masyarakat miskin seringkali kita jumpai berbagai kondisi yang terkadang diluar yang kita bayangkan dimana seorang ibu menjadi tulang punggung keluarga, seorang kepala keluarga yang sudah lansia yang seharusnya tinggal menikmati masa tuanya ternyata masih harus berjibaku dengan kebutuhan hidup, atau bahkan anak – anak yang terpaksa harus ikut bekerja menanggung beban keluarga. Kondisi semacam inilah yang membuat program ini digulirkan sehingga dengan intervensi bantuan yang diberikandiharapkan dapat lebih menguatkan perekonomian keluarga dan meringankan beban kehidupannya.

II. Deskripsi Program
Memberikan bantuan kepada mustahik yang demikian hebatnya dalam memperjuangkan kehidupan keluarganya, adapun bantuannya akan disesuikan dengan permasalahan mustahik atau bantuan yang dapat meringankan beban kehidupannya.

III. Tujuan Program
Agar mustahik dapat terbantu dalam memecahkan masalahnya serta dapat menjalakan aktifitasnya yang lebih layak dan manusiawi

IV. Kriteria Penerima Manfaat

  1. Seorang bapak lansia yang bekerja dan mempunyai etos kerja tinggi untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.
  2. Seorang janda yang menjadi tulang punggung keluarga.
  3. Seorang bapak yang memiliki kelainan fisik secara normal namun tetap memiliki aktifitas/bekerja untuk menghidupi diri dan keluarganya.
  4. Masih memiliki tangungan nafkah, baik untuk istri, anak dan cucu.
  5. Tergolong dari keluarga tidak mampu/dhuafa.
  6. Memiliki akhlak yang baik dan tingkat religious yang tinggi